Tips Membeli Komputer

Pada kesempatan kali ini, berdasarkan permintaan dari seorang teman. Saya akan memberikan tips-tips yang mungkin bermanfaat bagi sobat IT yang sedang mencari atau ingin membeli komputer. Yuk langsung saja simak beberapa tips yang saya kumpulkan dari berbagai sumber :

Kebutuhan

Sebelum sobat membeli suatu komputer, ada baiknya jika sobat meng-analisis dahulu seberapa penting manfaat komputer untuk diri sobat sendiri. Dengan cara ini sobat bisa dapat lebih menghemat uang yang akan dikeluarkan. Sebelum membeli komputer cobalah sobat jawab pertanyaan berikut sebagai dasar untuk mencari komputer yang tepat :
  1. Apa yang akan sobat lakukan jika mempunyai komputer ? (akses sosial media, sarana belajar, menjelajahi website, atau lainnya)
  2. Apa fungsi utama komputer bagi sobat ? (games, belajar, bekerja, atau lainnya)
  3. Apakah sobat seorang desain grafis / gamer / pengolah data / pelajar ? (hanya menggunakan komputer untuk membuat berbagai macam karya desain grafis / game / mengolah data / belajar)
  4. Apakah komputer yang akan sobat beli hanya diperuntukkan bagi diri sendiri atau untuk di pakai bersama ?

Laptop atau Desktop (PC)

Setelah sobat selesai meng-analisis kebutuhan dan yakin dengan jawaban dari kebutuhan. Tips berikutnya adalah sobat harus memilih apa type komputer yang sobat inginkan (Laptop atau Desktop).
  1. Laptop bersifat portable artinya sobat bisa menggunakannya dimana saja sobat berada, sangat cocok untuk pelajar, mahasiswa atau pekerja kantor. Bisa juga untuk game, tapi saya tidak merekomendasikan laptop untuk sobat gamer, karena laptop kurang optimal jika digunakan untuk game (apalagi kalau game yang membutuhkan resolusi tinggi). Saya juga tidak merekomendasikan untuk pekerjaan murni desain grafis, karena membutuhkan resolusi dan grafik yang tinggi).
  2. Desktop (PC) sangat cocok digunakan untuk pelajar, mahasiswa, pekerja kantor, desainer grafis, multimedia, dan gamer. Disamping harganya yang lebih murah dari laptop, komponen yang ada didalam komputer PC bisa ditambah atau dikurangi. Jadi sobat bisa membeli perangkat keras yang jika suatu saat sobat ingin merubah fungsi utama komputer bagi sobat sendiri (tidak perlu membeli perangkat yang tidak dibutuhkan untuk saat ini supaya meng-hemat biaya yang dikeluarkan). Salah satu kekurangan PC adalah tidak bisa dimasukkan ke dalam tas atau sobat bawa kemana-mana, dan sobat juga haru rajin merawat bagian dalam PC (lihat Cara Merawat Komputer).

Anggaran Biaya

Anggarkan biaya yang sobat butuhkan untuk membeli komputer yang sobat inginkan. Sebagai referensi untuk harga laptop baru kisaran harganya mulai dari Rp. 3.000.000,- sedangkan untuk komputer PC baru kisaran harganya mulai dari Rp. 2.500.000,-. Ingat sobat ketika sampai di toko komputer, sobat akan menemui banyak sekali spesifikasi komputer yang bagus-bagus, tapi tetaplah konsisten dengan dana yang sudah sobat anggarkan. Jangan cepat berubah pikiran hanya karena melihat komputer yang bagus dan mahal.

Brosur Komputer

Pastikan sobat membaca dan mencermati baik-baik setiap brosur komputer yang ada di toko komputer. didalam brosur sobat dapat menemukan informasi penting tentang spesifikasi komputer. Beberapa hal yang perlu sobat perhatikan dalam brosur adalah :
  1. Hardisk (Media Penyimpanan)
    Cermati berapa besarnya daya tampung hardisk (biasanya lebih dari 100 GB). Cermati juga merk hardisk (sebenarnya tergantung dari pemakaian dan perawatan, tapi pengalaman saya yang paling awet itu merk Seagate).
  2. RAM (Memori)
    Cermati besarnya kapasitas RAM, semakin besar semakin baik (supaya komputer lebih cepat, biasanya saat ini diatas 1GB). Pastikan slotnya DDR3 dan untuk merk sobat bisa pilih merk apapun, karena kalau untuk RAM sendiri saya tidak terlalu perhatikan merk.
  3. Prosessor
    Ada dua produsen terbesar untuk prosessor yaitu Intel dan AMD. Keunggulan AMD adalah lebih murah dibandingkan dengan Intel yang memiliki kualitas yang sama. Namun banyak sobat IT lain yang pernah mengeluhkan bahwa AMD lebih cepat panas daripada Intel (kalau saya pakai Intel pernah dan pakai AMD pernah, untuk awetnya kembali lagi ke penggunaan dan perawatannya sobat).
  4. VGA (kartu grafis)
    Kalau sobat hobi game atau seorang desain grafis, cermati besarnya kemampuan VGA yang ada di brosur. Tanyakan apakah VGA tersebut mampu untuk mendukung aplikasi-aplikasi ber-resolusi tinggi. Tapi kalau untuk pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran tidak perlu pusing mikirin VGA, cukup yang standart saja (bisa beli di kemudian hari)

Software dan Garansi

Pastikan software yang terpasang saat sobat membeli komputer tidak bajakan (Windows OS asli). sobat juga bisa minta atau request kepada penjual untuk di-installkan software-software yang sobat ingin pakai (pastikan semuanya versi yang terbaru). Terakhir sebelum bungkus dan bawa pulang, pastikan sobat menerima kartu garansi komputer (sebagai antisipasi jika komputer rusak dan masih dalam masa garansi maka sobat bisa mendapatkan perbaikan gratis)

Nah itu tadi sedikit tips-tips yang saya ketahui, semoga bermanfaat bagi sobat-sobat IT yang sedang ingin membeli komputer. Jika masih ada pertanyaan atau request silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer