Cara Merawat Komputer Supaya Awet

Halo sobat IT tulisan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat komputer dengan benar, karena ibarat manusia, komputer juga perlu diperhatikan kesehatannya (manintenance/dirawat) sobat, kalau tidak komputer juga bisa sakit (Lemot, Virusan, Sering Restart, Blue Screen, nge-Hang, dan sebagainya).
Kalau komputer sobat sakit karena jarang di maintenance atau di rawat, maka sobat harus merogoh kocek yang lumayan lho untuk menyembuhkan komputernya. Itulah sebabnya sobat harus lebih sering merawat atau paling tidak punya jadwal untuk merawat/maintenance komputer milik sobat. Berikut adalah beberapa tips umum yang bisa sobat lakukan untuk merawat komputer :
  1. Gunakan stabilizer dan UPS
    Manfaat stabilizer adalah untuk men-stabilkan arus listrik yang masuk ke komputer. Jika di rumah sobat tegangan listrik nya sering naik turun, maka jangan ambil resiko karena arus listrik yang tidak stabil dapat merusak komponen hardware yang ada dalam mainboard. Sedangkan UPS berfungsi supaya komputer tidak serta merta mati mendadak jika listrik putus atau padam, karena jika terlalu sering maka dapat merusak komponen mainboard.
    Stabilizer
    UPS
  2. Jangan mematikan komputer dengan mencabut langsung colokan listrik.
    Bagi sobat-sobat yang karena terburu-buru atau sengaja mematikan komputer dengan cara mencabut langsung colokan listrik, hal ini dapat merugikan bagi sobat, karena saat komputer belum di shutdown atau dimatikan dengan cara yang benar, maka komputer akan berpotensi kehilangan data software yang penting (hal ini yang biasanya memicu Blue Screen).
  3. Hindari dari sinar matahari langsung.
    Jangan meletakkan komputer PC atau laptop sobat di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada layar monitor LCD sobat. Dan juga CPU akan terkena dampak dari sinar matahari yang bisa menyebabkan over heat (panas).
  4. Jauhkan benda cair dari komputer.
    Biasanya sobat IT yang hobi nge-game atau sobat IT yang sedang bekerja khusuk sering meletakkan minuman di dekat CPU. Hati-hati ya sobat, karena jika tumpah akan menimbulkan konsleting listrik dan menimbulkan kebakaran.
  5. Jauhkan dari medan magnet dari benda lain.
    Medan magnet yang dihasilkan oleh televisi, kulkas, kipas, atau hp dapat merusak monitor komputer sobat. Memang tidak terlihat langsung dampaknya karena kerusakan akibat medan magnet ini timbulnya jangka waktu yang lama. Ciri monitor yang rusak karena medan magnet, seperti gambar ini sobat.
  6. Jadwal berkala untuk membersihkan CPU dan Perangkat Keras lainnya.
    Pembersihan ini perlu sobat lakukan jangan malas, tidak perlu setiap hari kok. Paling tidak lakukanlah satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Hal ini dilakukan untuk mencegah supaya debu-debu halus atau kotoran yang masuk kedalam CPU tidak menimbulkan kerusakan nantinya. Ada lho yang jarang membersihkan CPU dan ketika di bersihkan di dalamnya ada kecoa mati (hiiiyyyy). Jadi jaga tetap bersih ya sobat.
  7. Proteksi komputer dari virus dan malware.
    Sama seperti manusia perlu obat untuk melawan virus penyakit. Komputer sobat pun perlu dilindungi dari virus, caranya dengan install anti-virus komputer (smadav, kapersky, AVG, dan lainnya). Setelah itu sobat bisa setting anti-virus sobat untuk melakukan scanning berkala (saya sarankan seminggu sekali, karena kalau setiap hari akan membebani penggunaan RAM sehingga komputer menjadi agak lambat)
  8. Jadwal berkala untuk error checking dan deframent file-file komputer.
    Nah kalau yang ini sobat perlu lakukan sebulan sekali atau dua bulan sekali. Fungsinya untuk merawat dan memperbaiki file-file yang tersimpan di komputer, dan juga untuk melihat apakah drive komputer milik sobat dalam keadaan baik-baik saja atau ada bad sector nya. Sobat tidak perlu bingung dimana untuk mendapatkan aplikasi ini, karena sistem windows sudah menyediakannya untuk sobat. Cukup pilih drive (C, D, E, dll) kemudian klik kanan pilih properties dan pilih tab Tools.
Sekian dulu ulasan hari ini sobat, semoga bermanfaat bagi sobat IT semua, selalu ingat kesehatan komputer tergantung dari penggunanya. Jika ada pertanyaan atau request silahkan tulis di kolom komentar ya sobat, atau bisa hubungi saya lewat WA lihat di halaman Contact Us.

2 comments:

Postingan Populer