Belajar Membuat Grafik Microsoft Excel 2007

Kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara membuat grafik di microsoft excel 2007. Tulisan ini saya tujukan untuk sobat-sobat IT yang sedang belajar dan berusaha untuk memasukkan grafik ke dalam excel 2007. Yuk mari sobat IT simak ulasan saya berikut ini :

Bagi sobat IT yang sudah terbiasa dengan microsoft excel 2003 tentunya ada sebagian dari kalian yang bingung ketika berhadapan dengan microsoft excel 2007. Salah satu perbedaan mendasarnya adalah dari sisi penampilan dan tata letak toolbar. Sebenarnya tata letak dari microsoft excel 2007 bertujuan untuk mempermudah user dalam mengolah data, namun karena belum terbiasa sobat IT pasti akan merasa lebih rumit dari pada excel 2003.
 Gambar Toolbar Excel 2003

Gambar Toolbar Excel 2007

Nah untuk lebih lengkapnya tentang perbedaan excel 2003 dan 2007, nanti akan saya ulas terpisah ya sobat. sekarang kita kembali ke topik. Untuk membuat grafik silahkan simak langkah-langkah berikut :
  1. Langkah pertama buat dulu datanya. misalnya seperti gambar di bawah ini.
  2. Setelah data dibuat, blok seluruh data yang mau dibuat grafik (cara ngeblok : klik dan tahan mouse kemudian geser hingga memenuhi seluruh data), kemudian klik tombol insert, lalu klik salah satu bentuk grafik yang sobat inginkan di kolom chart, lalu pilih salah satu style grafik yang tampil dibawahnya. Pada contoh di bawah ini yang digunakan grafik 3D bentuk batang.
  3. Jika semua langkah pada langkah nomor 2 di atas benar, maka grafik akan tampil seketika, seperti gambar di bawah ini. Grafik akan tampil di sisi kanan tablet data. Biasanya grafik tampil dengan kurang yang tidak terlalu besar. Jika ingin membesarkan gambar grafik, silahkan arahkan mouse pointer pada sudut gambar grafik (seperti yang dilingkari), kemudian tarik ke luar.
Nah gimana sobat ? mudahkan ? jadi jangan terlalu takut dengan perkembangan teknologi. Karena pada prinsipnya teknologi diperbaharui untuk meningkatkan kenyamanan user, bukan untuk mempersulit. Oke, sekian dulu ya sobat, jika masih ada pertanyaan atau request silahkan tulis di kolom komentar.

2 comments:

  1. Trims om, sangat berguna buat siswa saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak natalia. semoga bermanfaat dan berguna bagi murid-murid yang lainnya.

      Delete

Postingan Populer