Sejarah Komputer (Bag. 1)

Di tulisan kali ini saya akan membahas tentang sejarah komputer. Tulisan ini atas permintaan dari seorang murid SD. Semoga bermanfaat juga untuk sobat-sobat IT yang lain. Yuk langsung saja kita menuju topik pembahasan.

Komputer Generasi Pertama
Komputer-komputer yang termasuk didalam kategori komputer generasi pertama ini dibangun pada masa perang dunia ke dua lho sobat dan bentuknya pun tidak seperti komputer yang sobat miliki atau lihat pada masa sekarang. Mau tau seperti apa bentuknya ? Yuk simak ulasan berikut ini :
  1. Komputer Z3
    Di bangun pada tahun 1941, oleh seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse. Beliau membangun sebuah komputer yang diberi nama Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
    Komputer Z3 yang asli sebenarnya sudah dihancurkan pada tahun 1944 saat pengeboman Berlin oleh pihak Sekutu. Komputer ini mampu melakukan perhitungan artimatika yang komplek.
  2. Komputer Colosus
    Komputer ini dibangun pada tahun 1943 oleh pihak Inggris. Kemampuan komputer ini adalah memecahkan kode-kode rahasia yang digunakan oleh pihak Jerman saat perang dunia ke dua berlangsung.
    Keberadaan komputer ini sangat dirahasiakan pada masa itu, hingga satu dekade setelah perang berakhir.
  3. Kalkulator Mark I
    Kok kalkulator termasuk komputer generasi pertama ? Jika sobat IT sudah membaca tulisan saya yang berjudul mengenal komputer, maka sobat IT tidak akan bingung, karena fungsi utama komputer adalah untuk melakukan perhitungan. Tapi Mark 1 bukan sebarang kalkulator lho sobat.
    Nama aslinya The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC) di bangun oleh seorang insinyur Harvard bernama Howard H. Aiken (1900 - 1973) yang bekerja dengan IBM.
    Mark I berukuran extra besar lho sobat, panjangnya adalah setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Mark I beroperasi lambat, dibutuhkan 3 - 5 detik untuk menyelesaikan setiap perhitungan aritmatika. Namun disisi lain Mark I mampu menyelesaikan aritmatika yang kompleks.
  4. Komputer ENIAC
    Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) dibangun oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan Universitas Pennsylvania pada tahun 1943 selesai pada tahun 1944. Komputer ini di rancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980).
    ENIAC ini memiliki ukurang yang super besar juga sobat, terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Energi listrik yang digunakan sebesar 160 kW. ENIAC merupakan super komputer di jamannya, kecepatan proses nya 1000 kali lebih cepat dari pada Mark I.
  5. Komputer EDVAC
    Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) didesain pada tahun 1945 oleh John Von Neumann (1903-1957), dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya.
    Kunci utama arsitektur komputer EDVAC adalah Central Processing Unit (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
  6. Komputer UNIVAC
    Pada tahun 1951 dibangunlah komputer yang bernama Universal Automatic Computer (UNIVAC) oleh Remington Rand yang memanfaatkan model dari John Von Neumann. Nah UNIVAC ini adalah komputer komersial yang pertama sobat.
    Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh komputer ini adalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Nah itu tadi adalah macam-macam komputer yang ada di dalam kategori generasi pertama. Dari model-model yang telah disebutkan diatas maka sobat dapat mengetahui ciri dan karakteristik dari komputer generasi pertama :
  • Menggunakan kode biner (bahasa mesin).
  • Menggunakan tube vakum (tabung hampa udara) itu sebabnya ukurannya super besar.
  • Menggunakan silinder magnetik (tabung magnetik) sebagai media penyimpanan data.
  • Mempunyai ukuran yang besar.
  • Menggunakan daya listrik yang besar.
  • Berfokus pada proses penyelesaian aritmatika.
Oke sekian dulu ulasan saya tentang sejarah komputer yang dimulai dari komputer generasi pertama, bersambung ke bagian ke dua ya sobat IT (dibagian ini akan dibahas komputer generasi dua dan tiga). Jika ada pertanyaan silahkan kirim di kolom komentar ya sobat IT.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer