Sejarah Komputer (Bag. 2)

Tulisan ini adalah lanjutan dari Sejarah Komputer (Bag. 1). Sekarang mari kita bahas komputer-komputer yang termasuk di dalam kategori generasi kedua dan ketiga.

Komputer Generasi Kedua
Dengan ditemukannya Transistor pada tahun 1984, perkembangan komputer menjadi maju dan ukuran-ukuran komputer yang dulunya besar menjadi berkurang drastis sobat. Transistor ini berfungsi menggantikan tube vakum (tabung hampa udara) yang dulunya menjadi bahan pembuat komputer.
Transistor mulai digunakan dalam teknologi pembuatan komputer pada tahun 1956. Pengembangan lainnya yang tidak kalah penting adalah memori inti-magnetik yang membantu dalam perkembangan komputer generasi kedua ini. Berikut adalah komputer-komputer yang masuk kedalam kategori komputer generasi kedua :
  1. Komputer Stretch
    Ini adalah super komputer yang dibangun oleh IBM dan merupakan komputer yang tercepat pada masa itu sobat. Stretch atau IBM 7030 dibangun pada tahun 1961 dan beroperasi pada tahun 1964.
    Tapi meskipun menyandang nama super komputer, ternyata Stretch merupakan produk gagal lho sobat. Karena ternyata kecepatan dari Stretch jauh dari harapan konsumen. Sehingga IBM terpaksa menariknya kembali dari pasaran.
  2. Komputer LARC
    Livermore Advanced Research Computer (LARC) dikembangkan oleh Sprery-Rand. Sama seperti Stretch, LARC juga merupakan super komputer. Dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti energi atom.
    Tapi harga super komputer ini sangatlah mahal sobat, selain itu masih terlalu kompleks untuk memenuhi kebutuhan komputasi bisnis. Hanya dua super komputer LARC yang pernah dipasang dan digunakan, di Lawrence Radiation Lab (Livermore) dan di US Navy Research and Development Center (Washington D.C.).
  3. Komputer IBM 1401
    Pada awal 1960-an, perkembangan komputer generasi kedua mulai bermunculan di bidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Komputer IBM 1401 adalah salah satu contoh penting di masa itu. Komputer IBM 1401 dapat diterima di kalangan industri.
    Komputer ini sudah mengganti bahasa mesin dengan bahasa assembly (bahasa pemrograman) untuk menggantikan kode biner dalam komputer.

Program yang tersimpan di dalam komputer-komputer generasi kedua dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industri peranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Komputer Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. 
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Nah itu lah sejarah generasi komputer sobat. Kalau komputer yang kita pakai masuk ke kategori generasi berapa ? Sebenarnya ada 5 kategori generasi komputer. komputer yang kita pakai sekarang adalah komputer generasi keempat sobat, karena kita sudah memasuki jaman mikrochip yang di pakai di laptop, notebook, atau ponsel (tablet pc).
Lalu komputer generasi kelima seperti apa ? Nah untuk komputer generasi kelima, untuk saat ini kita hanya bisa membayangkannya saja sobat IT. Saya beri sedikit bocoran imanjinasi nih sobat.
Gambar diatas adalah contoh imajinasi komputer generasi kelima namanya adalah HAL9000. Dia dapat berbicara, dia dapat berfikir, dia dapat mendengar, dan berbagai fungsi lainnya. Dengan menggunakan Artifical Intellegent (AI) HAL9000 mampu melakukan persis seperti yang kita mau sobat. Sekian dulu ulasan dari saya. Jika masih ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya sobat.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer