Pedoman Akreditasi SNARS (Pokja. MIRM)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yang berjudul Pedoman Akreditasi SNARS. Kali ini masih bedasarkan permintaan yang kemarin, saya akan mengulas tentang peranan IT di dalam Akreditasi Rumah Sakit.
Peran IT dalam suatu rumah sakit termasuk salah satu hal yang vital, karena IT adalah unit yang bertugas dan bertanggung jawab akan keamanan dan pemeliharaan data-data informasi rumah sakit maupun data-data informasi elektronik pasien rumah sakit. Semua data yang berhubungan dengan rekam medis dan kesehatan pasien juga menjadi tanggung jawab dari unit IT.

Unit IT di dalam akreditasi SNARS masuk kedalam pokja (kelompok kerja) Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM), sebelumnya IT masuk ke dalam pokja Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI). Didalam pokja ini unit IT rumah sakit bekerjasama dengan unit Rekam Medis dalam melakukan pengumpulan data.
Setiap rumah sakit berupaya mendapatkan, mengelola, dan menggunakan informasi untuk meningkatkan/memperbaiki  hasil  asuhan  pasien,  kinerja  individual,  serta  kinerja rumah sakit secara keseluruhan. Seiring dengan perjalanan waktu, rumah sakit harus lebih efektif dalam :
  • Mengidentifikasi kebutuhan informasi.
  • Merancang suatu sistem manajemen informasi.
  • Mendefinisikan serta mendapatkan data dan informasi.
  • Menganalisis data dan mengolahnya menjadi informasi.
  • Mengirim serta melaporkan data dan informasi.
  • Mengintegrasikan dan menggunakan informasi.
Informasi rumah sakit terkait asuhan pasien sangat penting untuk komunikasi antarstaf klinis yang didokumentasikan dalam rekam medis. Rekam medis adalah bukti tertulis (kertas/eletronik) yang merekam berbagai informasi kesehatan pasien seperti temuan hasil asesmen, rencana asuhan, rincian pelaksanaan asuhan dan pengobatan, catatan perkembangan pasien terintegrasi, serta ringkasan kepulangan pasien yang dibuat oleh Profesional Pemberi Asuhan (PPA).
Tujuan pengelolaan rekam medis dan informasi kesehatan adalah menunjang tertib administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang didukung oleh suatu sistem pengelolaan rekam medis yang cepat, tepat, bernilai, dapat dipertanggungjawabkan, serta berfokus pada pasien dan keselamatan pasien secara terintegrasi. Standar MIRM meliputi organisasi dan manajemen, akses serta penyimpanan RM, dan RM pasien.

Nah dari penjelasan diatas sekarang sobat IT tau bahwa peranan IT dalam Akreditasi Rumah Sakit sangatlah penting dan memiliki tanggung jawab yang besar, karena semua data rumah sakit disimpan dalam satu server Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS). dan IT juga bertanggung jawab akan keamanan data-data tersebut sobat. Lebih lanjut tentang elemen-elemen penilaian MIRM dapat sobat IT download melalui link berikut Manajemen Informasi dan Rekam Medis. Sekian ulasan hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat IT semua, jika masih ada pertanyaan silahkan masukkan ke dalam kolom komentar.

5 comments:

  1. Mas yoel mau tanya klw di mirm 1 ep 4 yg it itu kan hrs ada pelatihan simrs .pdhl di simrs ..itu maksudnya harus ada pelatihan yg dari mana y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas mas rori, sedang ada tugas di rs di jakarta.
      untuk MIRM 1.4 itu yang nanti diminta adalah bukti pelaksanaan pelatihan dari si penanggung jawab SIMRS, contohnya seperti jika ada seminar atau workshop yang berkaitan dengan teknologi atau pengembangan SIMRS maka si IT Penanggung Jawab SIMRS harus ikut (biasanya IT di RS selalu ikut pelatihan ya minimal 2 kali setahun).
      jangan lupa cari seminar atau workshop yang bersertifikasi. :)

      Delete
  2. Mas yoel mau tanya klw di mirm 1 ep 4 yg it itu kan hrs ada pelatihan simrs .pdhl di simrs ..itu maksudnya harus ada pelatihan yg dari mana y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelatihan atau seminar dari mana saja mas rori (bebas).
      lebih bagus lagi jika mengikuti pelatihan, workshop, seminar yang ada sertifikasinya.
      bukti pelatihan yang dimaksud (brosur dan sertifikat)

      Delete
  3. Mas bertanya kalau membuat pedoman pengelolaan data dan informasi didalamnya memuat keselamatan pasien. Apa yang harus sy tulis mengenai keselamatan pasien yang menyangkut pengelolaan data dan informasi

    ReplyDelete

Postingan Populer