Mengenal Komputer

Tulisan ini saya tujukan buat sobat-sobat IT yang baru pertama kali mengenal komputer. Karena di jaman sekarang komputer itu sudah merupakan kebutuhan wajib di dunia pendidikan dan kerja. Singkat kata yuk langsung kita ulas mengenai komputer.

Apa itu Komputer ?
Komputer adalah suatu alat elektronik yang digunakan untuk mengolah berbagai macam data baik itu berupa angka maupun huruf. Sebenarnya jika dilihat lagi jauh kebelakang kata komputer sendiri berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung.

Apa Fungsi Komputer ?
Ada banyak sekali fungsi komputer di dalam keseharian kita, tentunya untuk memper-mudah kita dalam berbagai macam hal. Tapi apakah sobat tau fungsi utama komputer ? Ya, jika sobat sudah mengerti apa itu komputer maka jawabannya adalah menghitung.
Komputer bagaikan otak digital dimana semua data yang di inputkan akan diproses tergantung tujuan dari si pembuatnya. Intinya komputer akan meng-kalkulasikan data-data baik itu angka ataupun huruf dan komputer akan membuat output sesuai yang di kehendaki oleh kita.

Apa Saja Komponen Utama Komputer ?
Berikut saya sebutkan dan jelaskan apa saja komponen utama dari komputer :
  1. Processor
    Inilah yang disebut sebagai otak dari suatu komputer dimana fungsinya adalah memproses semua data input yang dimasukkan oleh pengguna. Ukurannya pun bervariasi dari yang besar sampai yang berukuran mikro (super kecil) pun ada lho sobat.
  2. Memory
    Lebih dikenal dengan sebutan RAM ( Random access memory ) merupakan perangkat elektronik yang ada dikomputer dan berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum atau sesudah data diproses oleh Processor, penyimpanan tersebut sifatnya sementara, jadi apabila komputer dimatikan ruang penyimpanan pada RAM akan kosong dan begitu komputer dinyalakan RAM akan terisi kembali.
    Memory juga berfungsi sebagai komponen yang membantu Processor untuk mempercepat proses pengolahan data, data yang akan diproses terlebih dahulu disimpan dalam RAM dan pada saat processor membutuhkan data tersebut baru RAM akan mengirim data tersebut untuk di proses dengan proses pengiriman yang sangat cepat. jadi apabila sobat mempunyai kapasitas penyimpanan RAM yang besar maka komputer sobat akan mampu memproses data lebih cepat juga.
  3. Motherboard
    Disebut juga Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board, disingkat PCB) yang memuat komponen-komponen utama komputer atau perangkat lainnya.
    Dengan adanya motherboard, komponen-komponen utama komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah sistem, seperti CPU (central processing unit), memory card dan hard disk.
    Jadi tanpa adanya papan ini maka komputer sobat tidak dapat bekerja dengan sempurna, nah sekarang sobat tau kenapa papan ini sampai disebut sebagai Motherboard.
  4. Casing
    Nah kalo yang ini dari namanya saja sudah kelihatan kan sobat ? Ya, ini adalah badan dari komputer yang isinya perangkat-perangkat keras atau komponen-komponen komputer. Fungsinya tidak lain sebagai tempat menyimpan perangkat-perangkat tersebut.
    Ada berbagai macam vaiasi casing komputer, silahkan sobat pilih yang paling disukai oleh sobat.
  5. Power Suplay
    Kalau yang ini adalah sumber tenaga dari suatu komputer. Intinya power supply berfungsi sebagai penghasil dan pengatar listrik ke semua komponen di komputer sobat. Kenapa tidak langsung aja di hubungkan ke colokan listrik ? Nah jangan salah sobat, tidak semua komponen komputer memiliki tegangan listrik yang sama.
    Selain sebagai penghasil listrik, power supply juga berfungsi sebagai pengatur arus tegangan listrik jadi semua komponen komputer mendapatkan jatah tegangannya sendiri sesuai dengan daya listrik yang mereka butuhkan.
  6. CDRom
    Yang ini sobat semua pasti tau (bagi yang punya CD Player). Perangkat ini digunakan untuk membaca data dari Compact Disk (CD) baik itu data berupa film, musik, atau data lainnya. Saya kira untuk yang satu ini sobat IT pasti sudah paham fungsi nya.
  7. Monitor
    Alat yang satu ini berbentuk seperti TV. Fungsinya sama seperti TV untuk menampilkan output berupa tampilan visual atau gambar. Jadi ketika sobat bekerja atau belajar dengan komputer maka yang sobat tatap adalah monitor ini, sedangkan proses nya di kerjakan di CPU yang ada di dalam casing komputer.
    Ukuran dari monitor juga bervariasi lho sobat, mulai dari yang kecil hingga sampai yang seperti layar lebar.
  8. VGA
    Video Graphics Array (VGA) digunakan untuk memproses bentuk tampilan grafis yang sobat nikmati di layar monitor. Biasanya saat sekarang ini VGA sudah menjadi satu dengan mainboard, tapi bagi sobat yang hobi maen game, kartu VGA ini sangat penting untuk mendukung tampilan di layar monitor.
    Mengapa ? karena VGA yang beredar sekarang sudah di dukung dengan Accelerator Chip yang fungsinya untuk menambah kecepatan prosesing grafis 3D. Nah kebayang kan sobat IT kalau tadi memori ( RAM ) berfungsi untuk mempercepat proses komputer sekarang di tambah dengan VGA, hmm... makin kenceng deh.
  9. Hardisk
    Komponen yang satu ini adalah tempat dimana sobat menyimpan data baik itu gambar, dokumen, sistem, lagu, games, dan sebagainya. Sebagai media penyimpanan utama komputer, tentu saja hardisk memiliki kapasitas memori penyimpan yang sangat besar.
    Jadi ketika sobat bekerja atau belajar dengan komputer biasakanlah untuk merawat hardisk baik-baik karena jika hardisk rusak maka segala yang tersimpan di dalamnya bisa saja hilang, ibarat manusia bisa hilang ingatan.
Nah bagaimana sobat ? itu tadi sedikit ulasan pengetahuan saya mengenai komputer. Jika sobat merasa ada yang belum jelas, sobat dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah. Dan jika sobat ingin bertanya seputar komputer dan programing, maka dapat hubungi saya melalui menu contact us, nanti ulasan dari pertanyaan sobat akan saya publish kan.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer